Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT)

LPPT UGMLPPT UGM adalah laboratorium pusat universitas yang merupakan gabungan dari 4 (empat) laboratorium pusat, yaitu Laboratorium Analisis Kimia danFisika Pusat (LAKFIP), Laboratorium Ilmu Hayati (LIH), Pusat Studi ObatTradisional (PSOT) dan Unit Pelayayanan Hewan Percobaan (UPHP). Semua laboratorium pusat tersebut telah dikenal dan mampu memberikan layanan dan kontribusi bagi universitas maupun masyarakat sesuai dengan lingkup bidang dan kompetensinya.

LPPT UGM secara formal didirikan menurut SK Rektor No. 265/P/SK/HT/2004 tanggal 29 November 2004. Sejak awal tahun 2005, manajemen LPPT UGM memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan kontribusi setiap laboratorium tersebut ke arah yang lebih strategis, terpadu, kolaboratif dan dilandasi oleh pendekatan antar-bidang ilmu. LPPT UGM dijalankan dengan prinsip manajemen laboratorium standar ISO/IEC 17025:2000, dengan penguatan kompetensi awal di bidang uji vitamin dan pestisida. LPPT UGM juga dapat melakukan pengujian di bidang mikotoxin, fitofarmaka, obat tradisional, fitomedicine, uji keunsuran (trace-element), dll.

LPPT UGM juga dapat melayani pengembangan penelitian, pengembangan produk, metode dan alat yang berorientasi SNI, pengembangan dan pembuatan teknologi penunjang penelitian, teknologi penunjang proses industri, teknologi inovatif berorientasi kepemilikan hak kekayaan intelektual, dan memfasilitasi kerjasama kemitraan.

Pada awal tahun 2005, tim manajemen LPPT UGM telah lengkap dimana tim manajemen memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan kontribusi setiap laboratorium tersebut ke arah yang lebih strategis, terpadu, kolaboratifdan dilandasi oleh pendekatan antar-bidang ilmu.

  • Alamat     : Jl. Kaliurang KM. 4 Sekip Utara Yogyakarta 55281.
  • Telp/Fax  : +62-274-548348, 546868
  • Website   : www.lppt.ugm.ac.id