Info Pengabdian

You are here: DepanPPM SV UGM Kembangkan Desa Wisata Di Banjararum Kulonprogo

Nov 9, 2017 Bagian 6 (0)

PPM SV UGM Kembangkan Desa Wisata Di Banjararum Kulonprogo

Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh Fakultas Sekolah Vokasi (SV) UGM dalam rangka melaksanakan tugas tridharma perguruan tinggi. Melalui unit Penelitian Pengabdian Masyarakat (PPM) SV UGM tahun ini pengabdian terfokus di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Salah satu kawasan pengabdian SV adalah Desa Banjararum yang terletak di kecamatan Kalibawang, Kulon Progo. Kawasan ini terkenal dengan kawasan pertanian agropolitan dengan pemandangan indah yang mengelilingi desa.

Melihat potensi yang ada, PPM SV ingin mendorong kawasan ini agar menjadi desa wisata unggulan berbasis sumberdaya alam. Tahapan menuju itu tentu tidak mudah, upaya untuk merealisasikan terus dilakukan. Dalam release yang disampaikan, tahapan awal pemetaan kondisi sosial ekonomi dan budaya masyarakat serta potensi alam dikawasan ini adalah kawasan perbukitan menoreh yang sangat indah. Selain itu populasi kera ekor panjang yang berada di Gunung Kelir seringkali muncul disekitar lahan milik warga sehingga menarik untuk dijadikan atraksi wisata.

Lebih jauh, setelah pemetaan selesai yaitu penguatan kelembagaan. Membentuk Kelompok Sadar Wisata atau lebih akrab disebut Pokdarwis sudah dilakukan sejak April 2017. Upaya pendampingan pengurusan ijin Pokdarwis ke Dinas Pariwisata dan pemberian ilmu manajemen pengelolaan kelompok disampaikan tim PPM SV melalui diskusi.

Sesuai dengan ilmu terapan yang ada di SV UGM, berbagai upaya penguatan SDM melalui Teknologi Tepat guna diimplementasikan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat. Di bidang Teknologi Hayati dan Veteriner (THV) misalnya. Pemanfaatan limbah organik pertanian, penggunaan bibit unggul dalam budidaya pertanian, intensifikasi penggunaan lahan pekarangan menjadi pokok pelatihan yang diajarkan untuk warga Banjararum. Kali ini PPM SV UGM menggandeng PT. East West Indonesia untuk turut terjun langsung ke masyarakat guna membagi ilmunya.

Untuk mendukung potensi yang sudah ada, pengembangan insfrastruktur di obyek unggulan diawali dengan pembuatan saluran air bersih dan tampungan air di kawasan wisata Punthuk Ngepoh, kemudian pembangunan fasilitas umum toilet juga sudah sesesai di bangun di area wisata goa rejo. Masyarakat secara bergotong-royong membangun fasilitas umum bersama-sama.

Harapannya apa yang sudah diupayakan Tim PPM SV UGM menjadi kemanfaatan untuk warga Desa Banjararum dan sekitarnya.

[ssba]