Info Pengabdian

You are here: DepanUGM Terjunkan Relawan dan Mahasiswa KKN dalam Penanganan Tanggap Bencana Longsor di Purworejo

Jun 24, 2016 Bagian 6 (0)

UGM Terjunkan Relawan dan Mahasiswa KKN dalam Penanganan Tanggap Bencana Longsor di Purworejo

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat , Prof. Dr. Suratman, M.Sc pada hari Rabu, 22 Juni 2016 di Posko DeRU UGM Bulaksumur A-10 melepas sebanyak 20 Mahasiswa UGM yang akan memulai kegiatan KKN PPM UGM di Kecamatan Kaligesing, Desa Jelok, Purworejo yang saat ini sedang mengalami bencana tanah longsor. Kegiatan KKN ini bersama 21 orang tim relawan Disaster Response Unit UGM (DeRU UGM) untuk membantu dalam proses assessment pasca bencana.
Prof. Dr. Suratman, M.Sc. berpesan dan menghimbau agar KKN di daerah bencana ini jangan hanya menjadi penonton bencana tapi harus terjun langsung dan nyata dalam kemanusiaan membantu proses rehabilitasi korban dan lokasi bencana. Dalam menjalankan misinya, relawan DeRU dan mahasiswa KKN harus cerdas dalam mengevaluasi serta membangun struktur dan informasi yang baik di daerah bencana baik dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun pihak lain dan mengkomunikasikan kebutuhan-kebutuhan selama tanggap bencana.
Prof. Dr. Suratman, M.Sc juga menambahkan ada tiga pendekatan dalam operasi manajemen bencana: one policy, one command dan one purpose. Etika komunikasi dengan organisasi dalam bencana penting harus ada tanda pengenal dan koordinasi serta lapor di BPBD dan komandan posko terkait.

Lampiran :


[ssba]