LPPM Highlight

You are here: DepanLPDP Awali Tahun 2015 dengan Pembuatan Video Profil Riset RISPRO di UGM

Jan 26, 2015 LPPM UGM (0)

LPDP Awali Tahun 2015 dengan Pembuatan Video Profil Riset RISPRO di UGM

LPDP berfokus pada pengembangan kualitas sumber daya manusia di berbagai bidang yang menunjang percepatan pembangunan Indonesia. LPDP merupakan lembaga yang dibentuk atas inisitiatif tiga kementerian yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama. Lembaga ini dibentuk sebagai jembatan bagi terwujudnya generasi emas bangsa indonesia yang terdidik dan memiliki kapasitas serta kepedulian kepada keberlangsungan kehidupan negara Indonesia.

Memasuki tahun ketiga kiprah LPDP sebagai pembuka tahun 2015 berinisiatif mengadakan sejumlah kegiatan untuk mempertegas kehadiran layanan kelembagaan LPDP bagi masyarakat Indonesia dengan mengadakan serangkaian acara yang ditujukan baik kepada publik, internal lembaga maupun kepada alumni LPDP antara lain; Pameran beasiswa dan pemberian informasi tentang melanjutkan jenjang kuliah master dan doktoral; Indonesian Leadership Forum (ILF), merupakan acara untuk menyambut generasi pertama beasiswa LPDP setelah menyelesaikan proses belajar di kampusnya; Pembuatan profil-profil riset yang telah berjalan.

Terkait dengan pembuatan profil riset tersebut maka pada hari Rabu, tanggal 21 Januari 2015 telah dimulai pelaksanaan pembuatan video profil untuk periset LPDP dari UGM , diawali dengan penelitian yang digawangi oleh Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani, M.Sc. dengan judul Industrialisasi Bahan Prebiotik Berbasis Umbi-Umbian Lokal untuk Produksi Pangan Fungsional Melalui Sinergi UMKM, BUMN, Universitas dan Pemerintah. Lokasi pengambilan gambar pertama dilaksanakan di penanaman porang dan gembili di KP4 Berbah Sleman dilanjutkan Laboratorium Teknik Proses Dan Pasca Panen Fakultas Teknologi Pertanian selanjutnya di Laboratorium Inkubator dan diakhiri di Laboratorium Biotek.

Pengambilan vedio berikutnya yaitu penelitian yang di koordinatori oleh Dr. Budi S. Daryono, M.Agr.Sc. dengan judul Produksi dan Pengembangan Benih Gama Melon Kultivar Hika didalam Memperkuat Ketahanan Benih Nasional dengan lokasi pengambilan gambar yang pertama tempat penanaman melon di KP4 Berbah Sleman kemudian di Laboratorium Genetika Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada.

Pembuatan video tersebut bertujuan untuk memberikan informasi tentang profil-profil periset LPDP kepada khalayak, sehingga dalam pembuatannya banyak melibatkan anggota penelitian antara lain asisten peneliti, laboran, dan juga mahasiswa.

Semoga dengan kehadiran vedio ini mampu menginspirasi peneliti-peneliti lain agar dapat ikut berpartisispasi terutama dalam penelitian yang didanai oleh LPDP.

[ssba]